Sunday, May 17, 2015

Cara Manual Menghemat Baterai Laptop



Hai agan dan aganwati! Ane mau tebar ilmu nih sama ente, gimana caranya biar baterai laptop itu tahan lama. Metode ini cocok bagi agan aganwati yang punya laptop. Biasanya, orang akan kebanyakan pakai cara saya untuk menghemat baterai laptop apabila dalam keadaan darurat, seperti pas di mall ga bawa charger, nah itu bisa pake metode ane. Baterai laptop biasanya hanya tahan 2-6 jam an bro kalau pakai WIFI atau Network lainnya, apalagi yang kapasitas baterai laptopnya lebih kecil, hadeh pusing dah kalau mau ini itu tapi bingung karena baterai mau nipis. Selain itu, dalam menghemat baterai laptop, tandanya kita telah mendukung pengadaan acara save energy! *give applause* Hahaha... Tapi ada juga bro fungsi lainnya, yaitu dapat memberi waktu untuk menutup segala aplikasi yang ada di dalam laptop. Semisal kita mau mematikan laptop, sebenarnya itu belum benar-benar mati bro masih ada aktivitas lain yang dilakuin laptop untuk matiin aplikasi. Nah, kalau aplikasi itu langsung mati (misalnya karena baterai laptop habis) itu bisa membuat proses booting lebih lama, nah maka dari itu dibutuhkan waktu 5-10 menit untuk membiarkan laptop melakukan aktivitasnya. Ah.. Daritadi basa-basi mulu ane, hehehe.. Oke langsung aja cekidot bro!



1. Atur Brightness Laptop Anda
Dengar mengatur intensitas cahaya laptop bisa membuat laptop tahan lama untuk nyala karena tidak banyak menyedot energi dari baterai laptop. Hal ini dapat membuat laptop untuk tahan selama 30 menit lebih. Cara untuk mengatur brightness laptop agan :

a.) Masuk ke Control Panel





b.) Pilih "Hardware and Sound" lalu pilih "Power Options"





c.) Aturlah brightness yang sesuai anda inginkan, namun jangan terlalu cerah (Recommended)





2. Matikan Wifi Laptop
Wifi laptop dapat menguras banyak konsumsi baterai gan, bahkan lebih cepat habis kalau pakai wifi. Nah, maka dari itu matiin aja wifi laptop dengan cara Airplane Mode. Apalagi yang berada di Mall, semakin banyak wifi yang ada semakin cepet untuk menguras baterai sob! Soalnya pencaharian atau scanning wifi itu butuh energi listrik untuk kedeteksi, apalagi pas tersambung ke wifi nya.





3. Tidak Menggunakan Accesories Lainnya
Maksudnya disarankan untuk tidak menggunakan accesories laptop lainnya yang dapat mengkonsumsi baterai laptop, seperti Mouse, Keyboard, Earphone, dll. Apalagi untuk nge-charge gadget, itu malah membuat cepet habis karena dayanya disedot sama gadget anda.

4. Hindari Penggunaan Aplikasi Yang Terlalu Banyak
Sangat disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi yang terlalu banyak karena hal tersebut dapat membuat baterai lebih banyak dikuras sehingga lebih cepet untuk mati atau habis. Apalagi buka aplikasinya yang berat-berat, byuhh malah cepet kalau begitu mah. Saya sarankan untuk hanya membuka dibawah 4 aplikasi saja agar beban processor tidak terlalu berat sehingga daya baterai laptop lebih panjang.

5. Jangan Membiarkan Laptop Menyala Saat Ditinggal
Nah, hal yang seperti ini nih bisa menguras daya baterai akan habis tanpa ada manfaatnya. Diusahakan untuk menggunakan laptop agar habis secara bermanfaat bro. Kalau perlu saat tidak dipakai lebih baik ditutup saja laptopnya atau hibernate, lebih baiknya kalau di Shut Down.

6. Usahakan untuk Menutup Aplikasi Yang Terhubung dengan Internet
Hal ini dilakukan kalau pakai Wifi aja, kalau engga ya ga usah gak papa. Soalnya hal ini membuat transfer data, sehingga lebih banyak daya yang dibutuhkan untuk mengambil sinyal.

Sekian aja bro metode ane, Insya Allah deh laptop agan aganwati lebih lama untuk habisnya. Hehehe.. Mungkin ada yang ingin dipertanyakan, silahkan bertanya di komentar. Kalau mau nambahin cara lain boleh!

0 comments:

Post a Comment