Wednesday, March 9, 2016

Getaran Sederhana ( Ayunan Sederhana )



 Benda dikatakan bergerak atau bergetar harmonis jika benda tersebut berayun melalui titik kesetimbangan dan kembali lagi keposisi awal.Gerak Harmonik Sederhana adalah gerak bolak - balik benda melalui titik keseimbangan tertentu dengan beberapa getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan.

Periode ( T ), Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan sederhana memiliki periode atau waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. Benda melakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik di mana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titik tersebut.


Frekuensi getaran adalah jumlah getaran yang dilakukan oleh sistem dalam satu detik, diberi simbol f. Satuan frekuensi adalah 1/sekon atau s-1 atau disebut juga Hertz(Hz), Hertz adalah nama seorang fisikawan.


Nama Alat/Bahan Jumlah : 

  • Statif   1 set
  • Stopwatch  1 buah
  • Busur derajat  1 buah
  • Beban gantung  1 buah


CARA KERJA :
  1. mengikat beban gantung dengan tali sepanjang 10cm
  2. simpangkan beban sebesar 5 derajat dari stratif
  3. Lepaskan beban dan hitung waktu yang dibutuhkan untuk 10 ayunan
Tabel Pengamatan : 

Panjang Tali(CM)
Banyak getaran (n)
Waktu (t)
Frekuensi (f)/Hz
Periode (T)
10
10
58 detik
n/t  
t/n





KESIMPULAN :
• Pada ayunan sederhana, panjang tali mempengaruhi besarnya periode,semakin panjang tali yang digunakan, semakin besar periode bendanya,waktu yang dibutuhkan mencapai satu getaran semakin panjang, selain itupercepatan gravitasi juga mempengaruhi besar peridenya, jika gravitasisemakin kecil maka periodenya semakin besar, karena berdasarkan rumusmatematisnya, periode berbanding terbalik dengan gravitasi.
• Sedangkan massa benda tidak berpengaruh BESAR terhadap periode,karena berdasarkan hasil percobaan diatas, massa yang berbeda denganpanjang tali yang sama, hanya terdapat sedikit perbedaan waktu sehinggasedikit terjadi perbedaan periode


NB : hubungan Frekuensi dengan periode adalah berbanding terbalik

F= 1/T
T= 1/F

Berikut Ini vidio yang menjelaskan Getaran sederhana ( Bandul sederhana )




1 comments: